zaQ corner

E.M.P.U

Posted on: October 21, 2009

Dalam sejarah peradaban jawa, seorang empu sangat terhormat sekali kedudukannya dalam strata sosial. Dialah orang yang bisa menciptakan sesuatu mahakarya keris yang menjadi barang berharga dan barang yang harus dimiliki pada zamannya. Hampir semua memiliki keris, tak lain untuk berperang. Tetapi, hanya empu terbaiklah yang bisa membuatkan keris spesial untuk sang raja.

Tidak gampang untuk menjadi seorang empu. Ia harus kuat menempa besi-besi untuk membentuk sebuah keris. Mereka juga harus tekan, salah sedikit saja, mungkin mereka harus melebur ulang dan menempa lagi besinya untuk mendapatkan bentuk yang ia inginkan. Selain itu, Ia juga harus memahami teknologi pembuatannya yang cukup rumit. Mulai dari teknologi material, mekanik pembuatannya, sampai dengan hukum-hukum energi. Hingga terciptalah sebuah keris yang kuat dan presisi.

Keris bagi peradaban jawa saat itu bukanlah sekedar senjata, melainkan juga sebuah mahakarya seni. Untuk itu selain memahami teknologi pembuatan keris agar keris kuat dan presisi, seorang empu juga harus kreatif. Mereka bertapa di tempat-tempat asing untuk berproses kreatif, mendapatkan ide dan inspirasi. Saat itu bertapa memang tools terbaik untuk memperoleh ide. Memang masuk akal, zaman dulu belum ada kertas yang berisi gambar, televisi, atau bahkan internet yang semuanya sering menjadi tools bagi kita untuk mencari ide atau inspirasi.

Sekarang keris memang kalah jauh dengan Honda, Ikea, Apple, dll. Empu pembuat keris memang telah ‘mati’, tapi ‘E.M.P.U’ tidak akan pernah mati. Akan senantiasa terlahir ‘E.M.P.U’ baru layaknya Honda, Ingvar Kamprad, Steve Jobs, dll. Merekalah empu-empu di zaman kita sekarang ini. Mereka tekun dan pekerja keras. Mereka berpengetahuan dan memahami teknologi pembuatan produk. Mereka juga ‘bertapa’, dengan melihat-liat apa yang sudah ada dan mereka mencoba membuat sesuatu mahakarya baru. Mahakarya yang membuat kita semua terkesan. Merekalah E.M.P.U.

1 Response to "E.M.P.U"

mantep mas…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: