zaQ corner

Belajar dari KIPP: “Work Hard, Be Nice”

Posted on: February 28, 2009

KIPP (Knowledge is Power Program) merupakan salah satu sekolah yang banyak dibicarakan di Amerika. Terutama tentang bagaimana kesuksesan mereka merekayasa seorang “looser” jadi “winner”. Banyak ahli pendidikan sampai Bill Gates merekomendasikan model pendidikan ini. Akhirnya saya melakukan beberapa observasi berikut, semoga bermanfaat bagi teman-teman yang bergerak di bidang pendidikan :

Merita merupakan siswa dari sekolah bernama KIPP. Ia termasuk golongan dari anak yang tidak mampu. Teman-temannya yang lain di KIPP juga banyak dari keluarga yang tidak mampu. Setiap hari ia bangun pagi-pagi, berangkat dari rumah pukul 5 pagi dan pulang rumah pukul 5.30 sore. Kalo ga ada PR dia menghabiskan waktu belajar sampai jam 9. Kadang sang Ibu menyela waktu belajarnya untuk makan. Kalau ada PR ia bisa tidur sampe jam 10 atau 11. Sekolahnya KIPP memang meminta muridnya untuk tidur tidak lebih dari jam 11. Suatu saat Merita tidur lebih dari jam 12 malam. Keesokan harinya habis di kelas gurunya bilang “Kamu harus tidur lebih awal”. Gurunya tau betul performa anak-anak didiknya.

Merita merupakan siswa pindahan dari sekolah sebelumnya. Di awal kelasnya ia masih sering maen ke tempat teman sekolah lamanya. Dia juga sering mengerjakan PR disana, tapi temannya itu tidak ada PR. Temannya bilang “Kamu telat masuk sana. Dulu saya pernah pengin masuk KIPP, tapi takut karena susah”. Merita menjawab “Banyak orang bilang KIPP susah, tapi ketika saya masuk sana biasa-biasa saja, malah saya enjoy”. Temannya bales lagi “Itu karena kau pintar”. “Tidak! setiap dari kita pintar”, jawab Merita.

Dari cerita di atas, KIPP memang patut dijadikan model. Ia mewariskan budaya ke anak-anak didiknya. Ada beberapa poin yang bisa disimpulkan bagaimana KIPP bisa mewariskan budaya tersebut. 

1. “Great Teacher”
Tidak hanya “Good” tapi “Great”. KIPP punya guru-guru “great” yang benar-benar mengerti kondisi siswanya satu-satu. Selain itu kalau datang ke kelas, anak-anak didik benar-benar merasa fun dalam belajar. Mereka menggunakan nyanyian-nyanyian atau yel-yel dalam belajar. Menariknya beberapa guru dari KIPP ini jebolan dari TeachForAmerica sebuah program yang mentraining guru-guru terbaik di seluruh penjuru Amerika. Bisa dibilang semacam “the next leaders” dalam bidang pendidikan.

2. Kedisiplinan
KIPP benar-benar tegas tentang masalah kedisiplinan. Mulai dari masuk kelas siswa-siswa KIPP harus tertib (bisa dilihat baris masuk kelasnya di Youtube) hingga sampe tidur harus tertib ga boleh lebih dari jam 11 malem. 

3. “Work Hard”
Siswa-siswa KIPP belajar lebih banyak daripada siswa-siswa lain di penjuru Amerika. Dengan banyak PR, mereka akan menjadi “better”. Waktu belajar mereka juga dari pagi sampe sore. Hari Sabtu mereka juga masuk. Lalu anda bertanya “Kapan waktu maennya?”. Jawaban pertanyaan tersebut bisa ditemukan dibuku “Work Hard be Nice” yang mengulas tentang filosofi pendidikan ala KIPP. selain itu, di dinding setiap kelas di KIPP juga bertuliskan “no shorcuts”.

4. SSLANT
Di KIPP ada aturan yang harus ditaati semua siswa yaitu SSLANT. “Smile, Sit up, listen, ask question, nod when being spoken to, and track with your eye”. Aturan ini benar-benar menarik. Menjadikan setiap siswa berpikir, aktif dan terapresiasi.

Dengan berbekal poin-poin tersebut, akhirnya banyak siswa-siswa miskin di Amerika bisa sekolah di universitas-universitas TOP di Amerika. Data menunjukkan 90% dari mereka mendapatkan beasiswa. 

Mungkin dari kita ga menyadari “kenapa sih kita harus kuliah di sekolah yang hebat?”. Mungkin karena karena alasan di atas, kita pengen dapet “WARISAN BUDAYA”.

6 Responses to "Belajar dari KIPP: “Work Hard, Be Nice”"

Knowledge is Power itu terdengar seperti slogan pada sebuah permainan berbasis Sega, “Mortal Kombat” kLo tidak salah,.😀

nice info gan😀

terus share ya

Kalau dipadankan dengan indonesia, KIPP ada di tingkatan apa zak? SD, SLTP, atau SLTA?

same as above,,
ditto😀

papiku memang mantap banget..
pemikir ulung..
the power of Idea..
I’m proud to be your child..
love U papi…

Your daughter…

belajar di lingkungan yang baik memang menghasilkan luaran yang lebih baik.

nice share…😀

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: