zaQ corner

Pendidikan di US dan Indonesia

Posted on: February 2, 2009

Ini bukan studi ilmiah, tapi berdasarkan pengamatan kasat mata, bisa jadi bener bisa jadi salah. Sangat subjektif dan kasuistik, tapi mudah-mudahan mencerahkan. Tapi akan saya coba untuk objektif.
1. Proses-Hasil
Pendidikan bagi Amerika adalah proses. Saya merasakan betul bagaimana perbedaan pengajaran di US dan di Indonesia. Dosen disini sangat terpaku pada proses. Bobot penilaian juga banyak di tugas-tugas. Selain itu, hampir semua dosen mengamati perkembangan setiap anak didiknya. Mereka meminta kami untuk membawa hasil yang kemarin buat dibandingin, untuk menunjukkan improvement. Di Indonesia, saya terparadigma bahwa pendidikan adalah hasil. Kenapa bisa seperti itu? karena teman-teman saya melakukan demikian, jadi saya melakukan demikian juga.

2. Apresiatif-NonApresiatif

Tidak ada kata “jelek” disini. Semua dosen selalu bilang “great, good, very good, excellent”. Yang menarik buat saya adalah, dosen disini benar-benar berdedikasi. Mereka sangat mengerti betul perkembangan setiap murid dan apa yang murid kemarin lakukan. PR juga menjadi sangat penting bagi kami karena mereka selalu mengecek PR kami dengan sangat teliti. Ngga ada cerita nyontek PR disini. Di Indonesia, sepertinya iklim pendidikannya berkebalikan. Dosen jarang muji, trus juga PR ga dikoreksi sehingga menyebabkan banyak yang nyontek.

3. Ujian
Kebiasaan yang sering di Indonesia ketika masa ujian tiba adalah mencari soal tahun kemarin. Tapi apakah benar begitu pendidikan? di Amerika tidak ada budaya seperti itu. Mungkin karena dosennya kreatif membuat soal. Dan bobot ujian besar juga ga gede-gede amat. Mereka memilih PR yang banyak tapi kecil-kecil itu sebagai penentu sebagian besar nilai anak didik mereka.

4. Iklim Kelas:Dua Arah-Searah
Saya beruntung bisa ikut kelas reguler dengan warga Amerika disini. Mungkin saya satu-satunya warga asing di kelas itu (entrepreneurship). Suasana yang terjalin antara mahasiswa dengan dosen di US dan di Indonesia sangat berbeda. Mereka sangat aktif sekali. Mungkin persentase dosen dan murid ngomong 50:50. Kalo ada yang ga ngerti mereka juga tanya, jadi keluar kelas clear semua. Oh ya, tidak ada cerita ngobrol sendiri disini.

5. SD:Karakter-Matematika
Yang ini mungkin subjektif saya. Di SD rasanya saya mungkin hanya dapet pelajaran membaca dan matematika (yang masih dibawa sampe sekarang, pelajaran lain banyak lupanya). Tapi waktu ngobrol dengan anak SD di US , dapet pelajaran apa? “how to be good student, how to be good writer, how to be good reader, how to be good speaker”. Lah, trus aku tanya “emang ga ada how to be good mathematician?”. Anak itu ga tau…

Itu dulu, butuh komentar temen-temen untuk membuat tulisan diatas menjadi objektif dan tidak kasuistik.

10 Responses to "Pendidikan di US dan Indonesia"

Mengutip dari suatu sumber,.
Salah satu tujuan perguruan tinggi Indonesia adalah menyuplai tenaga kerja untuk industri,.

Wah lagi belajar di sana toh? Keren.
Pendidikan kita memang butuh banyak improvement. Gimana kalau setelah balik bisa dishare ke prodi IF kita tercinta supaya bisa lebih maju😀

@brahmasta: cuma mencicipi ko. ga belajar beneran kaya master-master itu.

Penekanan untuk poin 1 (Proses) dan 2 (Apresiasi), sepertinya itu yang sangat kurang di ranah pendidikan Indonesia, menghargai proses. Menurut intuisi gw pribadi, seorang siswa/mahasiswa akan menjadi lebih bersemangat untuk berkembang jika usaha dan proses yang ia jalani dihargai. CMIIW

untuk poin yang ke 5… aku setuju banget mengenai pendidikan SD yang disana yang mempelajari bagaimana cara menjadi seorang murid yang baik dan sebagainya itu,,,sedari awal harusnya kita mempelajari itu semua baru kita mempelajari lebih dalam apa sebenarnya harus diketahui seorang siswa,,,
nah sekarang lihat diindonesia,,,yang dari SD aja sudah diajari berbagai mata pelajaran yang harusnya dipelajari oleh anak SMP,,,padahal anak2 SD ini jangankan nulis yang baik,,baca aja lum tahu,,tapi sudah diperkenalkan dengan pelajaran tingkat tinggi

Saya senang membaca Info dan Artikel yang di buat di Wibesite ini. Patut dicoba. Salam Sukses selalu.

Wibesite yang sangat Amazing, Artikel dan Tipsnya boleh dicoba. Semangat !!

Postingan yang sangat Hebat, Tips boleh dicoba.salam sukses

Artikel yang bermanfaat dan berguna, wajib di coba. sukses selalu

Terimaksih untuk Info yang sangat Amazing, boleh dicoba.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: