zaQ corner

Harga buah di US dan Indonesia

Posted on: January 9, 2009

Kesukaan saya terhadap buah membuat saya harus membeli buah di sini. Seperti halnya ketika di Indonesia yang biasanya saya beli satuan, di sini buah juga dijual satuan. Yang menarik bagi saya adalah, harga buah di Indonesia dan di Amerika berbeda. Biasanya saya membeli buah karena hargadan nilai/gizi buah itu. Saya berusaha mendapatkan buah yang memiliki nilai gizi besar dengan harga rendah (standar motif ekonomi). Di Indonesia, hampir sangat sulit saya menemukan buah dengan motif seperti ini. Buah yang nilai gizinya besar ya harganya lebih mahal sebaliknya yang nilai gizinya kecil harganya rendah. Contoh : Nilai gizi Apel dengan serat dan vitamin C nya lebih mahal dari pisang dengan karbohidratnya. Kadang saya bisa menggunakan motif ini ketika musim buah tiba, contoh : mangga. Oh ya, seingat saya urutan harga buah dari yang termahal adalah : anggur, apel, jeruk, peer, mangga, pisang, pepaya.

Nah, sekarang selain karena musim buah, saya dengan mudah bisa menemukan buah di Amerika dengan menggunakan motif di atas. Struktur harga buah disini berbeda dengan di Amerika. Buah anggur rasanya paling murah disini (kelasnya sama dengan pepaya). Kalo di Indonesia pepaya murah banget sedang anggur mahal banget. Disini mangga juga termasuk buah kelas atas karena harganya paling mahal. Padahal di Indonesia termasuk kelas rendah, apalagi pas musim mangga tiba. Setidaknya itu yang ada di persepsi saya. Jelas menghadapi kondisi seperti ini, saya sering memilih buah yang harganya paling murah dan memiliki nilai gizi paling besar, yaitu Jeruk, anggur, dan apel. Ketika buah tersebut termasuk buah paling murah di sini.

Fenomena-fenomena di atas tentu bukan barang baru bagi kita terutama orang ekonomi. Ada teori yang bisa menjelaskannya. Adam Smith sudah mengamatinya ratusan taun yang lalu. Itulah kenapa muncul teori permintaan dan penawaran. Tentu pepaya dan Mangga disini mahal karena disini mungkin jarang tumbuh mangga atau pepaya. Jeruk, Apel, dan anggur murah karena disini banyak yang nanem. Bahkan sampe diekspor ke Indonesia. Apel yang merah-merah di Indonesia umumnya dari Amerika.

1 Response to "Harga buah di US dan Indonesia"

Leave a Reply

