zaQ corner

Flash Back!!!

Posted on: December 24, 2008

Kemarin seharian kegiatannya bersih-bersih segalanya untuk siap-siap hengkang dari Bandung. Bersih-bersih ga hanya kamar dan juga barang-barang tetapi juga termasuk data-data digital. Awalnya niatnya emang ngrapiin folder ma ngapusin semua file yang ga penting. Tapi jadinya malah nostalgia ngliatin file-file jadul. Salah satunya bacain artikel buatanku tiap bulan dan beberapa essay buat Mapres, lomba, atau seminar (jadi bangga pada diri sendiri..ha..ha.). huff…setelah baca-baca tu artikel jadi mikir2..perasaan dulu aku ga hobi nulis deh bahkan ga bisa sama sekali. Mungkin salah satu sohib saya fajrin tau gimana aku 2 tahun lalu. Benar-benar ga bisa nulis. Kalo ada tugas nulis ma beliau, pasti beliau yang ngerjain, bukan aku.

Oh ya selain aku baca-baca hasil tulisanku selama dua tahun terakhir, juga aku rapihin ma aku pdf in trus aku upload deh di scribd.com. Yeah…Buat yang pengin baca-baca bisa diakses disini. Ini contoh artikel tulisanku di scribd.com :

Well, akhirnya jadi kemana-mana deh, dari tadinya bersih-bersih trus nostalgia, jadi mengkoreksi diri dan berkontemplasi. Kebetulan pas banget akhir tahun jadi ntar sekalian bikin resolusi untuk tanggal 1 Januari. Kalo dipikir-pikir kenapa aku bisa ngasilin tulisan itu karena perubahan orientasi hidup. Pertama masuk ITB perasaan dulu kerjaannya belajar mulu (sampe dapet IP 4 bo..sambil nangis2…). Bahkan seminggu sebelum ujian di kamar terus kerjaannya. Tapi 2 tahun kemudian (Terutama setelah bercengkrama dengan 3 saudaraku ilham, fajrin, ma aji di asrama) kebiasaan itu berubah. Jadi deh melakukan banyak hal di luar kegiatan akademik. Bahkan sudah berani bolos ma tidur di kelas (sering sekali). Kegiatanku habis di luar, mulai dari bisnis, jalan-jalan, kongkow2 ma temen-temen eclub, moderatorin, ngisi seminar, diskusi, kajian, nulis, dll. Tapi it’s ok, aku dapet banyak banget dari kegiatan itu walaupun ada yang dikorbanin. Aku mikir, “Aghh..akademik dah dapet di 2 taun di awal, saatnya mengasah softskill”. Kalo teori dari Prof fajrin, softskill tu ga penting sekarang, tapi besok kalo dah di posisi puncak. Ada benernya juga, tapi sekarang jadi ga punya hardskill deh dimana sangat dibutuhkan buat freshgraduate, kemampuan coding melemah, ketinggalan teknologi IF, ga ngerti pelajaran IF, dll. Ini juga sekaligus menjadi bahan kontemplasi untuk membuat resolusi.

Kalo taun 2008 kemarin resolusiku ada 4 poin besar, berikut evaluasinya :
1. Pergi ke US, Ga tau kenapa harus US tujuanku. Seneng aja sih tiap hari sering dengerin kuliah di ted.com jadi pengin kesana. Tadinya narget berangkat lewat kompetisi ThinkQuest-nya Oracle, secara dah optimis bakalan lolos. Tapi ternyata kelompokku di diskualifikasi. Yah, yang namanya mimpi emang kunci (kata nidji). Mimpiku buat ke US akhirnya kesampean lewat jalur laen. Ada 2 malah, beasiswa IELSP ma HNMUN 2009.
2. Menang 1 lomba lagi (secara waktu itu masih dikejar-kejar PPSDMS buat berprestasi..he..he..), Ini juga sangat terukur karena dah narget menang untuk LCEN. Lagi-lagi mimpiku hangus setelah gagal hanya sebagai finalis di LCEN ITS. Akhirnya, menang 1 lomba laginya kejadian beneran lewat kompetisi INAICTA walaupun cuma dapet Merit Award.
3. Sudah ada bisnis running well, Yah waktu bikin ni poin sebenernya bisnisnya sudah dirintis yaitu jualan pakaian di solo. Bisnis seperti ini resikonya cukup kecil, itulah kenapa target capaian ku cuma running well. Buat passive income ajah. Untuk poin ini juga tercapai, alhamdulilah juga bisa menghidupi beberapa orang.
4. Beli rumah, ini bisa dibilang nekad karena rasa cinta diriku pada keluargaku yang pengin punya rumah di jakarta. Tapi untuk taun ini rasanya belum berhasil, karena project mobile surveyor ku gagal. Itung-itunganku kalo project itu goal, bisa deh jadi beli rumah. Tapi analisis ku meleset, banyak kekurangan dari apa yang aku kerjakan. Yang pasti poin ini tetap menjadi resolusi untuk 2009. Bales dendam ni keknya…ha..ha..sudah mempersiapkan bisnis baru lagi. Semoga dari US banyak inspirasi.

Dari penjelasan di atas kurumuskan satu resolusi untuk tanggal 1 januari nanti, yaitu punya hardskill dimana aku bisa menekuninya dan menjadi master disitu. Ini juga sekaligus pembuktian setelah baca sekilas resensi buku baru Malcolm Gladwell, Outliers, yang menyatakan “butuh 10.000 latihan untuk menjadi master di bidangmu”. Tapi ukuran kesuksesan resolusi ini masih samar, yang kepikiran sih, menjadi rujukan orang-orang, diundang seminar untuk training hardskill itu, nulis di majalah tentang hardskill itu, ma ngeluarin buku mungkin.

3 Responses to "Flash Back!!!"

wew… sukses lah kk zaki.πŸ™‚

Met jalan ya, semoga sukses juga,.πŸ˜€

TOP GAN!
kalo udah sukses, jangan sombong2 yak!πŸ˜€

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: