zaQ corner

The Next Leaders dan Kepemimpinan Level 5

Posted on: September 3, 2008

Krisis kepemimpinan di Indonesia tampaknya akan menjadi-jadi sehingga menuju puncaknya pada pemilihan presiden 2009 nanti. Banyak penelitian dari berbagai lembaga survei juga menyatakan bahwa 2009 nanti masih didominasi oleh pemimpin-pemimpin tua. Saya sendiri cukup mengapresiasi munculnya tokoh-tokoh muda baru dengan isu “pemimpin muda”. Walaupun perjuangan mereka cukup berat rasanya gerakan untuk mengadakan regenerasi kepemimpinan ini harus kita dukung agar krisis kepemimpinan di Indonesia tidak semakin parah.

Salah satu fenomena menarik yang terjadi seiring dengan bergulirnya isu pemimpin muda ini adalah munculnya reality show kepemimpinan bertajuk “The Next Leaders” yang digelar oleh MetroTV dan Lead Institute Paramadina yang diprakarsai oleh Bima Arya Sugiarto. Saya sendiri tidak yakin program ini bisa efektif melahirkan pemimpin-pemimpin baru yang berkualitas, pasalnya pemimpin tidak bisa dikarbit begitu saja. Ia diciptakan melalui proses yang panjang.

Program televisi tersebut menurut saya juga tidak sesuai dengan teori kepemimpinan level 5 yang dibuat oleh Jim Collins. Lewat risetnya, Ia meneliti berbagai pemimpin hebat yang ada di dunia sehingga sampai pada kesimpulan bahwa kepemimpinan puncak adalah kerendahatian ditambah profesionalitas menjalankan tugasnya.

Saya yakin memang tujuan diadakannya acara tersebut bukan untuk mencetak pemimpin yang sesungguhnya melainkan lebih kepada pembawaan isu pemimpin muda sekaligus memberikan inspirasi dan pembelajaran kepada masyarakat Indonesia. Saya sendiri senang dengan hadirnya acara ini dan siap untuk menunggu jam tayangnya😀 (Pengen liat ada ga ya yang dari ITB). Keberadaan program ini juga lebih baik daripada tidak sama sekali.

3 Responses to "The Next Leaders dan Kepemimpinan Level 5"

Woogh,.
Sekarang jadi pengamat acara televisi nih,.😀

Ga sabar juga nonton tuh acara.
Sempat nonton TV Mas?

Lha kw melu sisan wae to jek!
Mengko yen ono poling sms e, tak pilih lah ;p

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: