zaQ corner

Antara Paradigma dan USA

Posted on: August 13, 2008

Saat aku SD, aku hidup dalam lingkungan kampung. Pemikiran-pemikiranku otomatis seperti orang-orang kampung pada umumnya (banyak sisi baik dan buruknya). Kemudian datanglah masanya SMP dan SMA, beda lagi lingkungannya. Kali ini aku hidup dalam lingkungan kota Solo. Paradigmaku terbuka lebih luas dalam memandang kehidupan ini kalo ternyata hidup ini ga sekecil yang kita bayangkan. Naik tingkat lagi aku ke ITB, yang levelnya lebih nasional. Lagi-lagi paradigma telah merubah hidupku. di ITB pandangan dan pemikiran lingkungan disini meng-Indonesia. Tapi aku sering berpikir, “Apakah benar ni aku mikirin Indonesia tetapi paradigmaku masih berpikir ala Indonesia, secara aku hidup 22 tahun di Indonesia”. Munculah cara untuk menemukan jawaban tersebut yaitu “Aku harus ke Luar Negeri”. Lalu, negeri mana yang harus dituju?

Jawaban pertanyaan terakhir itu aku temukan selama setahun terakhir ini. Inspirasi itu datang dari PPSDMS, sebuah lembaga kepemimpinan di Indonesia (yang kemudian dicontek R Mien Uno, TheNextLeaders, dan juga TunasBangsa TVOne). PPSDMS telah mengajak aku berpikir lebih dalam bagaimana memandang berbagai persoalan bangsa ini. Mulai dari pendidikan, sosial, budaya, teknologi, dan yang tak kalah dahsyat politik. Inspirasi kedua datang dari ted.com, sebuah portal yang menyajikan ceramah setiap harinya tentang berbagai persoalan. Karena sering berlangganan ceramah-ceramah tersebut rasanya pengin hadir menyaksikan langsung. Lewat ceramah-ceramah itu pula aku takjub akan pemikiran-pemikiran orang luar (tidak hanya dari Amerika yang hadir di TED). Dengan sedikit analisa, saya menyimpulkan kalo ilmu pengetahuan itu ngumpulnya disana, di Amerika. Untuk itulah aku berkesimpulan Amerika sebagai negara tujuan itu. Lalu, bagaimanakah aku kesana?

Pertanyaan itu juga terjawab sudah. Kesempatan itu datang lewat beasiswa IELSP. Setelah mengikuti berbagai seleksi. Akhirnya dapet juga beasiswa itu. Puji syukur aku haturkan kepada Allah, karena kau aku tidak hanya percaya!! dan terimakasih buat teman-teman yang sudah membantu, Fajrin (editor english ku dan memberi masukan konten) dan Gita (editor english ku). Selain itu teman-teman PPSDMS, yang telah membuka wawasan dan pikiranku, kalian memang calon pemimpin masa depan. HARAPAN ITU MASIH ADA!!

Selanjutnya…menyiapkan agenda apa aja yang harus dilakukan disana. Aku harus dapet semua jawaban atas pertanyaan yang sudah aku buat. Bersiaplah Amerika.

2 Responses to "Antara Paradigma dan USA"

SALUT … no future comment🙂

Congratulation, Semoga bisa menuntut ilmu yang berguna untuk masa depan, orang yang dicintai, bangsa dan negaranya. Oh ya US nya dimana? “maaf saya juga mau sedikit bercerita, saya juga lahir di Magetan, trus berkembang ke Malang dan kemarin ketika sempat ada training di Financial Districtnya NY di One state building, baru ngerasa betapa kecilnya saya dibanding dengan mereka.” Sukses selalu. Thanks

Leave a Reply

