zaQ corner

Bangkit itu seperti Cacing!!

Posted on: June 15, 2008

Dulu awal-awal masuk ITB ketika OSKM saya pernah mendapat sugesti “Sangkar besi tidak akan merubah rajawali menjadi burung nuri”. Ya..sebuah sugesti yang sulit dilupakan sampai sekarang. Mereka menyebut kami rajawali waktu itu, lalu siapakah sangkar besi itu? merekalah (panitia OSKM) kami waktu itu yang menjadi sangkar besi. Mereka membelenggu kami, tujuannya jelas…agar kami tangguh seperti Rajawali. Lalu apa hubungannya dengan cacing? kenapa kita ga diberikan sugesti “jadilah cacing..woi…”. Hmm…lucu kali yah kalo OSKM sugestinya itu.

Paradigma kita kadang melenakan. Menganggap bahwa cacing adalah binatang yang kecil dan menjijikkan. Sementara rajawali adalah binatang yang tangguh dan kuat. Bagaimana kalau paradigma itu sedikit kita ubah? Dibalik kekurangan pasti ada kelebihan dan sebaliknya. Menarik sekali ternyata kalo kita amati lebih dalam binatang bernama cacing ini. Meskipun dia ini kotor, namun ada hal penting yang bisa kita ambil darinya, terutama kaitannya dengan konsep kepemimpinan. Berbeda dengan rajawali yang selalu berada di atas, sehingga tidak bisa melihat apa yang ada di bawah. Apakah di sana ada musuh, atau ada senjata yang membahayakannya (mungkin saja ada makhluk biadab yang sedang mengarahkan moncong pelurunya ke dia). Rajawali tidak tau itu semua. Cacing meski berkotor-kotoran di bawah tapi dia tau betul wilayah hidupnya sampai dalam-dalamnya. Jaraknya sangat dekat sekali dengan tanah. Bahkan ketika kepentok batu, dia tau kemana harus menghindar. Atau ketemu zat beracun, dia juga tau juga bagaimana menanganinya. Hidupnya yang senantiasa tidak jauh dari tanah membuat dia tau segala masalah di depan matanya (Soalnya di depan matanya juga ada tanah).

Indonesia butuh pemimpin seperti cacing, pemimpin yang tau akan lingkungan dimana dia hidup. Apa saja masalahnya dan bagaimana solusinya secara detail. Pemimpin yang merakyat, pemimpin yang mau berkotor-kotoran seperti cacing di dalam tanah. Dia berani mencoba walaupun harus kepentok batu seperti cacing. Namun dari situlah dia belajar, dia tau bagaimana menangani segala rintangan dan hambatan tersebut. Dia juga tau realitas bangsa seperti apa…tidak ngawang-ngawang…elitis..seperti Rajawali. That’s all.

Sumber Inspirasi : Muhammad “Grameen” Yunus

6 Responses to "Bangkit itu seperti Cacing!!"

Menurut saya, harusnya masing-masing mempunyai fungsi sendiri-sendiri. Ada yang mesti jadi rajawali, ada yang mesti jadi cacing. Tidak bisa semuanya jadi rajawali (saling patok), ataupun semuanya jadi cacing (tak ada dominasi). Itu asumsi saya saja, bahwa heterogenitas itu penting bagi suatu sistem.
Dan pemimpin, harus punya kemampuan itu semua, artinya fleksibel. Di saat susah, memang harus seperti cacing, namun untuk menjaga kewibawaan diantara bangsa lain, harus bisa seperti rajawali, bahkan naga. Ada yang macam-macam, gertak dengan apinya…
Tentu saja harus punya bekal ilmu dan sumber daya yang ‘mumpuni’. Gak mungkin kemampuan cacing tapi berlagak naga. Jadinya malah diinjak-injak bangsa lain.

rasanya gak pas kalo cacing jadi pemimpin … lamban, dan berada didalam tanah, takut diinjak rajawali atau dimakan sang rajawali malah.

Pola pikir yang menarik bang.
nice word ^^

Nah itukan cerita tentang cacing tanah…kalo cacing perut gimana? Yang buat orang cacingan itu loh….

Salam kenal.
Bangkitlah wahai anak muda.

terminologi cacing..mmmm..boleh juga bu..
taoi saya lebih sreg dg terminologi lebah utk sorang pemimpin: energik dan berprinsip. karena merakyat tak harus ke tanah toh..kalo negerinya negeri angin gimana? *halllaaa..analisis yg dangkal amat gw..gegege :)*

piss ki!!!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: