zaQ corner

MobiMeasurer dan Liputan di LCEN ITS

Posted on: May 20, 2008

Adalah departemen pertanian yang pertama kali punya masalah dengan pengukuran. Bagaimana mereka tahu luas lahannya secara cepat? Deptan kemudian tanya ke Mr Yusep (dosen saya). “Bisa ga yah cukup dengan mengitari lahan tersebut kita langsung tahu luasnya?”. Haha…pertanyaan tantangan ni bagi saya yang waktu itu mendengar cerita Mr Yusep. Kebetulan temen-temen PPSDMS ada yang pengin ikutan LCEN(Lomba Cipta Elektronik Nasional) di ITS 2008 ini. Ini Lomba tahunan yang diadakan oleh Himpunan Mahasiswa Elektro ITS. Katanya sih cukup bergengsi. Langsung deh kepikiran aku usulin ide ini (alat ukur tadi). Temen-temen PPSDMS sepakat untuk mengajukan judul ini dan aku masuk jadi salah satu anggota tim (yang lain ada Yanuar dari EL05).

Beli GPS? pake duit siapa?.. haha..gampang ternyata…kita bikin proposal ajuin ke Sponsor..eh..dikasih..syaratnya kita promo sponsor tersebut. It’s ok…promo pertama dilakukan dengan menggunakan nama sponsor sebagai Nama tim yaitu “Future Leader”. Proposal dah dikirim…ternyata kita masuk 8 besar kategori Telematika. Ada tiga kategori di LCEN ini yaitu Telematika, Biomedika dan Elektronika dasar untuk anak SMA. dari ITB yang lolos ada 3 tim termasuk timku.
Setelah beberapa bulan ngerjain akhirnya kelar juga bisa ngukur luas. Video demonya bisa dilihat di bawah.

Kemudian kita bikin slide. Bisa dilihat di bawah.

Langsung kita berangkat deh ke TKP (di Graha ITS) tanggal 18 Mei kemarin buat presentasi final. Sayang konsep lombanya beda, ternyata ga ada yang namanya presentasi pake slide. Presentasinya langsung ngomong kemudian didemoin. gila yah?…tapi it’s ok. Siapa takut.
Sayangnya lagi, tim ITB yang dateng cuma 2 tim..yang satu entah kemana..malu juga sih. Nih foto tim kami sama mbaknya dari Fisika yang single fighter.

Tim Future Leader dan Tim dari Fisika ITB

Pengumuman lomba masih jumat..mangkanya aku mending pulang..bosen juga nunggu disana ampe jumat…bisa-bisa lumutan.

Penulis menemukan beberapa temuan menarik di ITS. Salah satunya foto berikut.

Lagi-lagi saya menyoroti masalah kurangnya apresiasi di ITB. Bahkan sempet ngobrol2 ma bagian humas ITS katanya disana tukang parkir aja sampe bikin spanduk yang isinya apresiasi dukungan. Patut dicontoh nih budaya apresiasi seperti ini. OK deh..selanjutnya tinggal nunggu pengumuman pemenang besok Jumat tanggal 23 Mei. Ada juga FGAI (Festival Game dan Animasi Indonesia). Liputannya menyusul yah…

7 Responses to "MobiMeasurer dan Liputan di LCEN ITS"

TFS, jadi dapet ilmu baru nih..
gimana hasil lombanya?

mas yg maju ke final tuh namanya sapa y ??

masi inget ma org gila dari jogja ndak mas???:mrgreen:

saya interest ma java nya mas …πŸ˜†

saya juga ndak ikod sampe jum’at… hari selasa langsung cabut …πŸ˜€

mas achmadzaki yg pake kacamata atau bukan ??πŸ˜•

hohoho ternyata yg pake kacamata …:mrgreen:

boleh liat source nya ndak yo…

jadi zak gmn hasilnya??? iya HMIF kapan2 bikin begitu tuh,,,entar suruh nantoπŸ˜›

Emang zak
neng ITS, spanduk itu searat2.. bikin ngiler..
di gerbang pintu masuk ITS aja selalu ada spanduk “selamat kepada pemenang bla bla”

neng ITB, prestasi dibilang sangar nek mlebu http://www.itb.ac.id. Mentok2ane dipasang artikelnya di departemen.. Sopo sing arep moco dan niteni yo?

koyoane ITB pancen ra nduwe duit gawe tuku spanduk.. -_-‘

[…] istimewa. Entahlah. Sedih juga ya. Bandingkan situasinya di perguruan tinggi lain (baca tulisan Zaky atau tulisan Fajrin […]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: