zaQ corner

Rizal Ramli : Kecewa dengan Kemahasiswaan ITB

Posted on: March 15, 2008

Saya jalan-jalan ke ITB (cuma seminggu sekali..) tadi langsung nemu acara menarik, soalnya pembicaranya Bang Rizal Ramli (Mr Breakthrough). Yang namanya Bang Rizal pasti bicaranya futuristik (ramalan masa depan) jadi gw ikutan ajah. Gimana ga? Ramalan beliau tentang berbagai ekonomi ke depan banyak yang tepat. Beliau juga sempat meramalkan adanya krisis ekonomi tahun 1998 itu. Kali ini apakah yang diramalkan Bang Rizal?

Awalnya sih dateng Jam 13.45 bareng Hendri KL 04. Langsung deh ngobrol-ngobrol ma Bang Rizal. Apa yang dia bicarakan ternyata tidak sesuai tema (diawalnya aja sih…) yaitu “Dialog Kebangsaan”. Beliau kecewa dengan Kemahasiswaan ITB yang kurang gregetnya. Acara tadi aja didatengin cuma 25 orang (padahal Bang Rizal ga mau dateng kalo pesertanya 200an orang). Beliau juga bilang “Pemimpin KM sekarang kurang mengakar rumput”. Jadi kalo ngadain acara ga banyak yang dateng kaya tadi, respect mereka kurang soalnya. Beliau juga mengkritik banyaknya mahasiswa yang bermain politik. Kesimpulan ini beliau ambil berdasarkan pengalamannya dulu di kemahasiswaan. Dahulu Dewan Mahasiswa (nama KM jaman dulu) menjadi pelayan bagi mahasiswa lain. Jadi ketika mengadakan aksi banyak diikuti oleh mahasiswa-mahasiswa lain”.

Dalam dialog intro singkat tersebut Bang Rizal mengungkapkan. “Perbedaan antara pemuda di Indonesia dan di Amerika Serikat itu terletak para keberaniannya dalam mengambil resiko. Mahasiswa di Amerika Serikat sebagian besar mencari Loan/pinjaman, jadi mereka tidak meminta uang sepeserpun dari Orang tua. Pada saat kuliah mereka berusaha mengembalikannya. Bagaimana caranya? mereka bekerja di kafe-kafe, Mc Donald, dsb untuk membayar utang tersebut. Akibatnya apa? mereka menjadi lebih mandiri, kreatif dan pandai mengatur waktu antara kuliah dan kerja. Kalo Indonesia beda lagi. Sudah ketergantungan ga kreatif pula”. Beliau benar-benar menyayangkan hal ini, so buat mahasiswa BERANILAH MENGAMBIL RESIKO. Acara yang ditargetkan Bang Rizal 200an pengunjung akhirnya cuma didatengin sekitar 25 mahasiswa. Yang saya tangkep sih hampir 50% isi dari dialog tadi sih kekecewaan Bang Rizal terhadap Mahasiswa ITB sekarang. Buat mahasiswa ITB (terutama gw sendiri), Berbenahlah!! buat KM juga (termasuk kepengurusan selanjutnya -siapa ya?- he..he..), coba terapkan Tranformational Leadership!!  untuk materi lain ga saya resume di sini. Bisa dibaca di http://apindonesia.com/new/index2.php?option=com_content&do_pdf=1&id=776 ternyata.

Thanks to Bang Rizal for inspiration…

1 Response to "Rizal Ramli : Kecewa dengan Kemahasiswaan ITB"

saatnya mahasiswa, kembali bangkit…
klik: http://simpanglima.wordpress.com/

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: