zaQ corner

Index Trust mahasiswa ITB

Posted on: December 13, 2007

Just pengin share, ada fenomena menarik yang saya dapet setelah menerima email dari salah satu anggota HMIF (Himpunan Mahasiswa Informatika) ITB. Kurang lebih emailnya berisikan keluhan dan kekecewaannya terhadap oknum-oknum yang jarang membayar makanan di himpunan. Kebetulan saya sedikit-sedikit turut mengamati model bisnis ini, paling tidak di dua tempat yaitu Himpunan Informatika ITB dan Asrama PPSDMS Nurul Fikri. Sebelumnya saya pernah mendapat keterangan dari salah satu pengurus usaha di himpunan itu kalau uangnya suka kurang dari yang seharusnya ada. Dugaan saya pribadi sih karena mereka pembeli jarang ada yang bayar. Namun sang pengurus tersebut berpendapat kalau ada oknum yang suka mengambil uang (artinya pembeli tidak bersalah).
Belakangan saya lihat kekesalan pengurus itu memuncak, kerugian mencapai lebih dari 50% dari omset. Tepatnya hanya 33% yang membayar yaitu hanya ada Rp 70.000 dari Rp 210.000 yang seharusnya ada. Kejadian serupa yang terjadi di Asrama saya (PPSDMS Nurul Fikri) membuat saya yakin bahwa model bisnis seperti ini tidak layak untuk dipertahankan (kecuali index trust meningkat). Di Asrama saya, uang jasa printer yang seharusnya berjumlah Rp 109.000 hanya ada Rp 36.500. Temuan ini persis dengan data yang terjadi di HMIF di atas dan bisa disimpulkan sementara “INDEX KEPERCAYAAN MAHASISWA ITB 33%”. Angka 33% ini cukup besar di Indonesia, salah satu lembaga bahkan memberikan angka dibawah 10% untuk masyarakat Indonesia secara umum. Untuk itu, angka 33% itu tidak mengejutkan bagi saya secara objeknya mahasiswa ITB.
Hipotesis ini memang perlu dikaji lebih lanjut mengingat sampel yang diambil hanya 2 buah. So..buat temen-temen yang punya kejadian seperti ini…catet yah…dan laporin ke sini…

7 Responses to "Index Trust mahasiswa ITB"

di MTI kejadiannya serupa sewaktu saya berjualan BMC dan buabadoo..Pada hari2 baik, omset bisa 80%-100%..Tapi, pada hari-hari buruk, pernah 0% (kalau ini, kemungkinan uangnya diambil orang)..variansinya sangat besar..Secara rata-rata, jumlah pembayar 30%-60%

Hmmm, jadi gimana dong cara yang paling bagus berbisnis di himpunan?

Berdasarkan yang saya lihat ya seperti di himpunan biologi (pake pihak ketiga) jadi ada yang ngontrol. Metode lain perlu dipikirkan bersama.

saya juga mengalaminya di asrama salman. jualan mie dan telor untuk kas asrama. tapi ya ituu… tidak sesuai dengan jumlah yang seharusnya. ada juga usaha printing (jadi yang ngeprint mesti bayar dan mengisi lembar kendali). tapi sama juga, lembar kendali jrg diisi, jadi ga ketahuan untung atau rugi. kesimpulan saya sementara ini sih, mungkin ini masalah kedisiplinan. orang indonesia terkenal ga disiplin kan, apalagi kalo ga diawasi

ooh, dulu saya pernah naro printer di sekre mata buat usaha, PI-nya 95 % tuh.. (iya lah sekre Mata’ gitu)

naikin harganya ? hehhee

Oke Boz, sementara ini laporan kejadian di TKP belum ada, sekian dulu..ganti.

[…] Sebagai contoh, lihat saja salah satu mushalla yang ada di kampus. Saya heran, kok ada yang berani-beraninya mengambil sandal-sandal yang disediakan khusus untuk orang yang berwudhu di sana. Akibatnya, orang jadi repot. Shalat juga bisa jadi nggak khusyuk karena takut sepatu kita dicuri orang. Birokrasi di negeri kita yang terkenal berbelit-belit juga salah satunya disebabkan oleh masalah kurangnya trust ini. Dosen saya yang lain, yang mengajar kuliah tentang Business Process Reengineering, pernah menunjukkan diagram proses yang memperlihatkan proses yang berbelit-belit (istilahnya, spaghetti process) untuk mengurus dokumen pada salah satu instansi pemerintah. Contoh lainnya pernah ditulis teman saya, Zaky, di blognya. […]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: