zaQ corner

Dunia Baru bernama Wikinomics

Posted on: November 13, 2007

Terjadinya perubahan teknologi, demografi, bisnis, ekonomi dan dunia menjadikan kita memasuki babak zaman baru dimana setiap manusia memiliki tingkat pertisipasi ekonomi yang sangat berbeda dengan zaman sebelumnya. Tingkat partisipasi tersebut telah merubah cara manusia membuat barang dan jasa yang diberinama kolaborasi massal. Perubahan ini membawa peluang yang sangat besar sehingga setiap manusia ataupun perusahaan untuk berhubungan.

Pada masa lalu kolaborasi hanya bisa dilakukan dalam lingkup kecil. Dalam keluarga, masyarakat, kantor, dan komunitas. Mungkin pada kasus khusus kolaborasi global ada, seperti contoh terjadinya gerakan demonstrasi menuntuk antiglobalisasi di berbagai belahan dunia. Namun sebenernya hal itu tidak menciptakan produk dan jasa tertentu yang bisa dilihat kasat mata.

Sebagian besar orang kini membatasi diri pada perannya masing-masing dalam kehidupan ekonomi, apakah itu peran sebagai konsumen dari produksi suatu barang atau sebagai pekerja yang patuh terhadap apa yang dikatakan oleh atasannya. Bahkan ada orang yang memilih untuk bersembunyi tidak melakukan apa-apa karena takut meniti jenjang karir dari bawah ke atas. Pada dasarnya, banyak orang telah kehilangan suatu siklus dalam hidupnya yaitu pengetahuan.kekuatan, dan modal di ekonomi yang penuh kesenjangan jarak di atas.

Namun, mejanya sekarang terbalik berubah. Dengan kemudahan akses teknologi informasi menjadikan orang dengan mudah melakukan kolaborasi, membuat nilai tambah terhadap suatu barang, dan berkompetisi secara pribadi dengan orang lain di berbagai belahan dunia. Kebebasan setiap orang untuk melakukan kolaborasi ini telah menciptakan inovasi baru sehingga menciptakan kesejahteraan dan keadilan di berbagai sektor ekonomi. Jutaan orang telah tergabung dalam kolaborasi yang dapat memproduksi barang atau jasa. Yang menarik adalah, produk-produk kolaborasi mereka tidak kalah dengan produk perusahaan multinasional atau transnasional papan atas dunia. Tren inovasi ini dinamakan ‘peer production’ atau bisa disebut ‘peering’ saja. Tren itu menggambarkan bagaimana kolaborasi masa berhasil mengendalikan inovasi dan membuat industri mereka tumbuh cepat.

Beberapa contoh dari ‘peering’ ada di sekitar kita. Pada agustus 2006, MySpace telah memiliki ratusan juta pengguna. Dimana masing-masing pengguna memiliki foto, profile, blog, koneksi masing-masing sehingga menciptakan nilai tambah yang bisa dinikmati oleh pengguna lain. MySpace hanya satu contoh, masih banyak contoh lain seperti YouTube, Linux, Sourceforge, atau Wikipedia.  Mereka adalah pemain-pemain baru dalam industri ‘peering’. Inilah ekonomi dunia baru bernama ‘wikinomics’.

4 Responses to "Dunia Baru bernama Wikinomics"

right on, Zak! this is what we should be focusing on! so, let’s get OUR thing started..ready to go global this december?

Blognya gelap banget. Jadi sesak napas. Namun, saya setuju dengan Anda bahwa era wikinomics sedang mulai berlangsung. Contohnya blog ini, yang bisa hadir karena kolaborasi antara berbagai pihak (host, wordpress, plugin developers, blogger, dan lainnya). Sepuluh tahun lalu mungkin nggak kebayang sedemikian mudah dan murah (tanpa ongkos, bahkan) membuat web pribadi dengan tampilan sedemikian bagus. Apalagi kalau kita bukan web programmer.

Pola-pola kolaborasi ini sudah lama dilakukan..dengan berbagai macam skema..maksud saya bukan baru-baru ini terjadi..(kesan saya setelah baca tulisan ini..)

Di industri elektronika sudah lama perusahaan-perusaan membuat konsorsium membuat suatu aplikasi atau standar yang sehingga bisa kompatibel dan memiliki nilai ekonomis tinggi contoh dvd,USB,paralel port,TCP/IP,bluetooth

emang ada yang egois sendirian seperti qualcomm dengan cdmanya

saya setuju yang baru dari skema kolaborasi sekarang adalah kemudahan..terutama kemudahan komunikasi dan pertukaran data

Tapi ingat masih belum 100% free dari pemain utama,kalau mau kita bikin infrastruktur sendiri mulai darai teknologi webnya,jgn pakai protokol TCP/IP,teknologi IC nya juga

awalnya saya hanya mendengar cerita dari Mr.T -Ka. Puskom UNS, tentang kedaghsyatan era wikinomics ini. Ketika bercerita beliau dengan bersemangat menceritakan mengenai cerita pertembangan di Toronto itu. Sebuah bukti nyata dari kolaborasi masal. Saat ini saya baru sampai di bab 1 buku itu, tapi sudah merasa bahwa buku ini harus segera saya selesaikan. Saya tidak boleh tertinggal di era wikinomics, harus segera menguasai semua jurus yang ada di dalamnya dan segera mempratekkannya😀

@prahata
era wikinomics memang tidak akan pernah membuat pemain utama tersingkir dari pasar. ada cerita tentang samudra merah dan samudra biru. Ada bukunya juga katanya. Samudra merah, adalah tempat para pemain utama, pemain kuat yang sudah menguasai pasar. sedang samudra biru, adalah para pemain kecil dan tempat dimana nantinya para kolaborator massal untuk merangkak mencari tempatnya _^

ah lanjut mbaca buku wikinomics ah. hi3x

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: