zaQ corner

Mencerdaskan Putra-putri Indonesia Lewat Konten Positif di Internet

Posted on: October 28, 2007

Pada zaman dahulu, orang menyampaikan informasi ke orang lain dengan bahasa lisan, selanjutnya dikenal tulisan sehingga lahirlah media cetak seperti koran, majalah, atau tabloid. Setelah tulisan kini hadir media elektronik seperti televise dan radio sebagai metode untuk menyebarluaskan informasi. Seiring dengan perkembangan teknologi informasi tersebut, ternyata informasi semakin berputar dengan cepat. Parameter itulah yang digunakan untuk mengukur kehebatan suatu teknologi informasi.

Namun ukuran itu tampaknya masih perlu dipertanyakan. Dengan hadirnya teknologi internet yang termutakhir sekarang, seseorang bisa mendapatkan informasi apa yang dia inginkan. Sedangkan apabila menggunakan teknologi lain kita hanya bisa mendengarkan satu arah. Artinya informasi yang kita dapatkan tidak sesuai dengan apa yang kita inginkan (bisa jadi kita yang dikendalikan media). Internet memungkinkan kita bertukar informasi secara dua arah. Kita bisa mencari apa yang kita inginkan dan internet akan menyediakan hal tersebut. Bermiliar-miliar halaman web bertebaran di internet dan semua itu adalah informasi. Inilah yang kita namakan konten internet yang di dalamnya terkandung kontek positif dan negatif.

Indonesia merupakan negara paling lambat merespon kehadiran internet ini. Akibatnya, jumlah konten berbahasa indonesia yang ada di internet sangat sedikit sekali. Coba saja kita mencari ensiklopedia anak berbahasa indonesia di internet, anda tidak akan menemukan hal itu. Eksperimen dilakukan untuk mencari perbandingan konten internet berbahasa indonesia dengan berbahasa asing adalah dengan mengetikkan kata “oksigen” dengan “oxygen” di mesin pencari google. Hasilnya perbandingannya begitu besar yakni satu berbanding empat ratus dengan rincian delapan puluh juta halaman untuk “oxygen” dan dua ratus ribu halaman untuk “oksigen”. Fakta ini sangat jauh dari harapan kita tentunya mengingat jumlah perbandingan penduduk dunia dengan Indonesia adalah sekitar 40 berbanding 1.

Dunia internet kini diguncangkan dengan hadirnya wikipedia, yaitu sebuah ensiklopedia bebas online di internet. Dengan wikipedia, setiap anak negeri ini bisa berkontribusi untuk membuat ensiklopedia bersama sekelas dengan professor atau doktor. Bahkan anak sekelas SD pun bisa berkontribusi dalam membangun ensiklopedia tersebut. Wikipedia telah mengajak kita untuk saling berbagi pengetahuan tanpa memandang derajat dan strata pendidikan.

Kesempatan ini merupakan peluang bagi kita terutama mahasiswa indonesia untuk berkontribusi untuk menambah khasanah konten berbahasa indonesia. Caranya bisa dengan membuat blog, website, atau milis positif baik tentang suatu permasalahan atau berbagi ilmu. Misalkan saja ketika kita mengexplore suatu software, hendaknya kita dokumentasikan dan kemudian kita share dokumentasi tersebut di Internet. Hal itu bertujuan jika suatu ketika ada orang lain yang ingin melakukan hal sama tidak harus mengulangnya dari awal. Pasalnya internet kini telah disalahgunakan untuk menyebarkan konten-konten negatif, hal ini harus kita imbangi dengan keberadaan konten positif berbahasa Indonesia.

Dengan banyaknya konten berbahasa Indonesia ini, diharapkan anak negeri pengakses internet yang kini sudah terhubung antar sekolah bisa menikmatinya. Selain itu dengan banyaknya konten positif yang terdapat dalam dunia internet akan semakin menambah pengetahuan putra-putri Indonesia untuk mendapatkan pengetahuan yang lebih sehingga kedapan mereka memiliki daya saing dengan bangsa lain.

by : AZS

1 Response to "Mencerdaskan Putra-putri Indonesia Lewat Konten Positif di Internet"

makanya sebelum posting liat liat dulu.. dasar.. entrepreneur juga manusia😀

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: