zaQ corner

Analisis sederhana kenapa Negara bakal ga ada

Posted on: September 24, 2007

Jumlah negara di seluruh dunia saat ini adalah 150. Jumlah itu diperkirakan akan terus bertambah beberapa tahun mendatang. Kalau dicermati, bentuk sistem negara ini sebenarnya baru muncul beberapa tahun terakhir. Tren bermunculan negara-negara baru diawali pada pertengahan abad 20. Indonesia merupakan salah satu yang mengikuti tren tersebut. Setelah Indonesia merdeka tren itu terus naik apalagi pada waktu itu sedang gencar-gencarnya Indonesia mempromotori acara Konferensi Asia Afrika. Kemudian diakhir abad 20 tren tersebut terus turun sehingga pertambahan jumlah negara-negara baru terus menurun.

Sekarang kita coba melihat keadaan 1500 tahun ke belakang. Pada masa itu tentunya bentuk sistem negara belum ada. Namun yang ada adalah bentuk sistem kerajaan dimana saat itu ada 2 besar kekuatan Sparta dan Persia. Atau beribu-ribu tahun lagi sebelum masehi, kita mengenal Zaman Firaun, Zaman Nabi Ibrahim, apakah di zaman itu sudah terbentuk Negara? Ya, Negara adalah suatu sistem yang baru dibangun beberapa tahun yang lalu.
Berbalik ke masa depan, kita coba menganalisis apa yang akan terjadi beratus-ratus tahun yang akan datang. Tampaknya tren yang berkembang yaitu mengarah pada pudarnya kekuatan-kekuatan negara yang membuat sebagian besar manusia di dunia menganggap negara tidak begitu penting. Pertama tren adanya internet. Internet memungkinkan setiap manusia di dunia dari berbagai negara saling berkomunikasi. Thomas L Frieadman menjelaskan dalam bukunya, dengan adanya internet dunia semakin datar sehingga tidak ada lagi batas-batas negara. Dengan adanya internet seorang petani di suatu desa di Indonesia bisa berinteraksi tanpa adanya perbedaan derajat dengan seorang pengusaha ternama di Amerika Serikat lewat email. Ini tentu suatu hal yang kita harapkan dimana keadilan tetap terjaga. Saat ini pengguna internet telah mencapai hitungan miliar, itu artinya miliaran juga penduduk bumi yang bisa saling berkomunikasi tanpa batas di dunia maya tanpa adanya batas negara. Mereka juga saling bisa melakukan perdagangan dan kerjasama tanpa campur tangan negara. Tren ini sepertinya perlu dicermati lebih lanjut.
Terbentuknya parlemen eropa juga menunjukkan tren yang sama yaitu semakin redupnya peran negara. Sejumlah 25 negara di eropa bergabung menjadi satu melalui bendera UniEropa. UniEropa saat ini terus berkembang dan kita lihat semakin menghilangkan peran-peran negara, dimana mata uang, transportasi sudah diatur semua sehingga tidak lagi membatasi antar negara anggota untuk berinteraksi. Bisa jadi ke-25 negara itu suatu saat hilang dan terbentuklah negara baru bernama UniEropa.
Sementara UniEropa menjadi sebuah negara kesatuan, kekuatan lain masih saling meleburkan diri, seperti liga Arab, ASEAN. Namun tampaknya mereka harus belajar banyak dari UniEropa. Tapi kedepan trennya seperti itu, beberapa negara bergabung dan melebur menjadi kekuatan baru. Bisa jadi sistem negara-negara yang selama ini diagung-agungkan hilang seketika. Lalu apakah yang terjadi ketika negara-negara itu nantinya hilang? Apakah timbul peradaban baru? Islamkah peradaban itu? Wallahualam.

1 Response to "Analisis sederhana kenapa Negara bakal ga ada"

Mm.. Analisis yang cukup berat.. Analisis peradaban..

Butuh kerja yang sangat amat teramat keras untuk mewujudkan peradaban islam.. Mungkin dapat membuat kita “terlihat” sangat lelah..

Tapi itu bisa.. Dengan 100 orang negarawan yang sangat ahli di bidangnya masing-masing aja, negara ini kayaknya bakal bangkit deh. Kayaknya ente salah satu dari 100 orang itu zak.😀

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: