zaQ corner

Internet dan Etos Kerja

Posted on: June 28, 2007

sori yaks kalo aga berat…lagi pengin yang berat-berat ni…

Adanya internet memang membuat hidup kita lebih mudah. Dengan internet kita bisa mendapatkan segala informasi yang kita inginkan. Atau kita hanya sekedar ingin berkomunikasi secara murah lewat internet dengan teman kita lewat chatting atau VOIP. Namun yang perlu disadari (termasuk saya sendiri), adanya internet telah membuat etos kerja beberapa pegawai kantor di Jakarta (berdasarkan pengamatan di kantor tempat saya KP) menjadi menurun.
Mereka yang memiliki akses internet tak terbatas dan tidak bisa mengendalikan nafsunya akan terkena dampak buruk itu. Yang terjadi adalah 40 jam kerja selama seminggu (standar indonesia) akan menjadi 20 jam atau bahkan 10 jam dan sisanya digunakan untuk berakses internet ria (chatting, mailing, browsing, dll).
Beberapa perusahaan di Jakarta tampaknya telah mencium budaya baru ini. Mereka membatasi akses internet atau bahkan menutup layanan internet yang berpotensi menurunkan etos kerja, misalnya layanan chatting, mail, friendster, dll (berdasarkan cerita teman-teman di tempat Kerja Praktek).
Yah beginilah keadaan bangsa ini…tampaknya masyarakat Indonesia masih shock akan kehadiran internet dan belum banyak yang bisa mengendalikan diri sehingga perlu dikendalikan. Namun dengan sedikit demi sedikit belajar seperti ini saya yakin bangsa ini kelak bisa menjadi bangsa yang besar…amien…

7 Responses to "Internet dan Etos Kerja"

Salah satu contohnya ada di asrama PPSDMS zak.🙂.

Aku juga pernah liat itu di perusahaan-perusahaan
yang pernah aku kunjungi.

Emang butuh penyesuaian soal internet ini, jangan
ampe sekedar “data smog” == banyak data tapi
ga guna.

Zak, minta travelnya dong.🙂

hmm…ngaruh..tapi ga mutlak koq..!!!

Salah satu contohnya adalah kita2 yang lagi KP. Memang sih dibatasi tapi ada saja jalan menuju Roma (internet). Hehehe..

Ngenet dan Download sepuasnya kalo gak tau malu.. :p

salam,

YOOOOOOOW….

hmmm…
bisa iya bisa ga..
depends on the people (^_^)

tapi justru kalo yang internetnya dibatasin, susah akses info2 penting.

memang si waktu di t4 gw KP, kalo gw lewat jalan2, layar monitor orang2 kalo ga YM, email, dll. tapi kerjaan dan deadline tetep selse tepat waktu… (^_^)

Sedikit nimbrung…
Saya rasa perkembangan IT adalah suatu tantangan kita…janagnlah memandang dari sisi negatifnya saja…kita tidak bisa melarang para pegawai untuk tidak menggunakan sarana IT yang semakin maju ini.
Justru kita harus berusaha memperbaiki kualitas kerja kita dengan rasa tanggung jawab profesi dan kedisiplinan tugas…kedisiplinan jangan dijadikan suatu pembatas tapi jadikan suatu motivator untuk maju…kita gak salah koq kalo berbuat disiplin
So…buat para WNI harus mesti disiplin agar dapat mengimbangi Perkembangan IT ini…dari sekarang tidak terlambat koq….c.u
Suksez ya zak…bagi2 ilmunya!!!

yoi, gak semua kok seperti itu mungkin hanya yang baru2 saja.

membatasi akses internet atau bahkan menutup layanan internet……….. bukan mengurangi etos kerja tapi untuk penghematan mungkin…………… atau mungkin jg instansi terlalu peliiiiiiitttt.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: