zaQ corner

Sisi lain jakarta yang tidak manusiawi

Posted on: June 27, 2007

Semua orang Indonesia tahu bahwa Jakarta merupakan ibukota dari republik ini, kita juga tahu dan sering melihat di televisi-televisi kemewahan, kebersihan, dan kerapihan yang ditunjukkan oleh kota Jakarta.
Sudah 2 hari saya mendapatkan pengalaman berharga dan menarik melalui KRL (Kereta Rel Listrik) Bogor-Jakarta kelas ekonomi. Tiap pagi saya telah bersiap diri di stasiun UI untuk menanti kedatangan kereta itu. Sungguh pemandangan yang menarik terlihat ketika kereta itu datang tepatnya di depan pintu masuk KRL tersebut. Yep, mereka berebutan antara keluar dan masuk, karena setelah saya itung-itung…tu kereta berhenti hanya sekitar 10-15 detik (sungguh waktu yang amat sangat singkat).
Kadang sering melihat kaum perempuan (terutama ibu-ibu) kalah dalam pertarungan arus keluar-masuk di pintu KRL tersebut. Suasana di dalam KRL juga sangat sesak dan panas…ini lah yang saya sebut tidak manusiawi. Bagaimana bisa manusia sekian banyak berada dalam kondisi seperti itu…
Berbeda dengan Indonesia, Malaysia (yang dulunya dibelakang kita) lebih manusiawi lagi. Di sana keadaan transportasi sudah sangat bagus dan layak. Berbagai koridor monorail telah dibuat. Tampaknya Indonesia harus belajar balik dari Malaysia.

1 Response to "Sisi lain jakarta yang tidak manusiawi"

namanya juga Jakarta mas, harap maklum. semua orang dikejar oleh waktu. salam kenal dari kami mas Zaki, anak-anak desa yang ingin maju bersama.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: